Langsung ke konten utama

ANIMASI 3D

 PENGERTIAN

Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik. Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.


KONSEP OBJEK 3D
Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek 3D mempunyai bentuk, volume, dan ruang. Sehingga objek ini memiliki koordinat X, Y, dan Z. Jika pada animasi 2D, objek hanya dapat digerakkan ke dua arah, yaitu ke kanan – kiri (X) dan atas – bawah (Y), maka berbeda dengan animasi 3D. Pada animasi 3D, objek dapat digerakkan ketiga arah, yaitu ke kanan – kiri (X), atas – bawah (Y) dan depan – belakang (Z).
Pada umumnya objek 3D memiliki sub objek berupa elemen-elemen pembentuk objek tersebut, yang berupa VertexEdge, dan FaceVertex merupakan titik yang terletak pada koordinat X, Y, Z. Penggabungan dua Vertex akan menjadi Edge. Tiga Vertex dan Edge yang terbentuk dalam bidang permukaan berupa kurva tutup akan menghasilkan Face. Kumpulan dari VertexEdge, dan Face akan menjadi sebuah objek utuh yang disebut dengan Mesh.


JENIS PEMODELAN 3D
Permodelan animasi 3D dibedakan menjadi dua, yaitu Hardsurface dan Organic. Model hardsurface adalah segala bentuk objek yang diciptakan atau dikonstruksi oleh manusia, seperti arsitektur, kendaraan, robot, dan mesin-mesin lainnya. Sedangkan model organic adalah subjek yang sudah secara alami ada di alam, seperti hewan, tumbuhan, batu, awan, petir, dan lain-lain.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL MEMBUAT OBJEK JAMUR PADA BLENDER

 Halo Semua! Pada postingan kali ini saya akan membagikan pada kalian tutorial membuat animasi pada Blender. Animasi yang akan saya buat adalah animasi sederhana dengan karakter jamur sebagai karakter utama, jamur yang saya maksud adalah jamur seperti pada game mario bros. Nah sebelum saya jelaskan cara membuat animasinya, saya akan menjelaskan hal paling mendasar dari pembuatan animasi tersebut, yaitu: - Membuat Object Seperti yang sudah saya bilang, object utama kami adalah karakter jamur.yang kurang lebih akan berbentuk seperti ini : Nah langsung saja kita masuk ke pembahasan tutorial, Berikut adalah langkah – langkah dalam pembuatan objek menggunakan aplikasi Blender :   1.Buka aplikasi blender, versi yang akan kita gunakan adalah Blender versi 2.78. 2.Setelah terbuka,akan ada object default berbentuk kubus,hapus objek tersebut dengan menekan tombol X, lalu pilih delete. 3.Buat objek baru dengan menekan tombol shift+A pilih mesh, cylinder. 4.Setelah muncul set properties ...

MENJADI SISWA SMKN 2 PANGKALPINANG

  Hello semua! perkenalkan nama saya Karunia Rahma bisa di panggil Nia. Kali ini saya akan membuat postingan terbaru tentang ”Menjadi Siswa SMK Negeri 2 Pangkalpinang” Sebenarnya sih, ini gak pengen di buat,cuman karena ada tugas dari ibu Rosmiyati ya mau gimana lagi hehehe. Pengenalan SMK SMK Negeri 2 Pangkalpinang pada awalnya bernama STM Pangkalpinang didirikan pada tahun 1962 berlokasi di jalan Kacang Pedang Pangkalpinang dengan luas 41.885 M2.  Sekolah Menengah Kejuruan atau biasa di singkat SMK. SMK adalah Sebuah Lembaga Pendidikan yang sederajat dengan SMA (Sekolah Menengah Atas). Dari namanya saja pun berbeda. Walaupun sama derajatnya tapi tujuan SMK adalah untuk bekerja setelah lulus. Bukan berarti semuanya harus melanjutkan untuk bekerja. Tapi jika kalian ingin melanjutkan ke Universitas memang masih ada peluangnya. SMA adalah jenjang yang fokus untuk dipersiapkan melanjutkan ke Universitas. Berbeda dengan SMK yang lebih fokus mempersiapkan siswa-siswanya untuk melan...