Halo Semua!
Pada postingan kali ini saya akan membagikan pada kalian tutorial membuat animasi pada Blender. Animasi yang akan saya buat adalah animasi sederhana dengan karakter jamur sebagai karakter utama, jamur yang saya maksud adalah jamur seperti pada game mario bros. Nah sebelum saya jelaskan cara membuat animasinya, saya akan menjelaskan hal paling mendasar dari pembuatan animasi tersebut, yaitu:
- Membuat Object
Seperti yang sudah saya bilang, object utama kami adalah karakter jamur.yang kurang lebih akan berbentuk seperti ini :
Nah langsung saja kita masuk ke pembahasan tutorial, Berikut adalah langkah – langkah dalam pembuatan objek menggunakan aplikasi Blender :
1.Buka aplikasi blender, versi yang akan kita gunakan adalah Blender versi 2.78.
2.Setelah terbuka,akan ada object default berbentuk kubus,hapus objek tersebut dengan menekan tombol X, lalu pilih delete.
3.Buat objek baru dengan menekan tombol shift+A pilih mesh, cylinder.
4.Setelah muncul set properties pada tab kiri bawah menjadi seperti di bawah ini.
5.Kemudian tekan A untuk select semua bagian objek setelah itu pada tab kiri bawah pada bagian extrude pilih loop cut and slide.
6.Tempatkan lingkaran pada bagian atas silinder. Lingkaran ini adalah edges untuk menambah variasi bentuk.
7. Lingkaran bisa dipindahkan dengan menekan tombol G untuk translate, pilih lingkaran dengan menekan alt dan klik kanan pada lingkaran.
8.Tambahkan 2 lingkaran lagi seperti pada gambar di bawah.
9.Selanjutnya pilih bagian edges atas terluar pada silinder, dapat di select dengan menekan tombol shift dan klik pada masing masing edges. Selanjutnya tekan S untuk scale , arahkan ke tengah seperti pada gambar.
10.Lakukan pada bagian bawah hingga menjadi seperti gambar berikutnya.
11.Pilih bagian lingkaran seperti pada di gambar.
12.Translate dengan menekan tombol G dan tarik ke atas.
13.Alihkan pandangan sehingga seperti gambar di bawah, ubah view menjadi faces dan pilih faces pada objek seperti di gambar.
14.Tekan E untuk extrude dan tarik kursor ke bawah hingga seperti pada gambar di bawah.
15.Lakukan langkah langkah di atas (loop cut, select, translate,scale) dan bentuk seperti gambar di bawah.
16.Tekan A untuk select all object lalu pindahkan / transform lokasi seperti pada setiingan di tab kanan pada gambar ( x =0, y= 0 , z = 1 ).
17. Pada tab properties di kanan pilih icon material dan pada tab tersebut tekan new sehingga seperti gambar. Tarik keluar jendela baru dengan mengklik segitiga di kanan atas jendela dan seret ke kiri. Kita memerlukan dua jendela untuk operasi ini karena kita perlu melihat gambar tekstur sambil melihat objek 3D sehingga dapat melihat bagaimana objek 3D terlihat saat melukis teksturnya. Ubah jendela kiri menjadi UV / Image Editor dengan mengklik ikon kubus kecil di kiri bawah layar dan memilih UV / Image Editor, seperti pada gambar di atas.
18. Saat ini editor UV kosong, karena Anda belum membuka bingkainya. Kembali ke jendela kanan, dan tekan A untuk memilih semua. Pilih Mesh dari toolbar bawah tampilan 3D, pilih UV Unwrap> Smart UV Project, dan pilih opsi default saat popup muncul dengan mengklik OK.
19.Sekarang di UV Editor, Anda akan melihat semua wajah jamur yang dipetakan ke gambar.
20.Tekan B untuk mengaktifkan kotak-pilih dan gunakan tombol kiri mouse untuk menyeret kotak di atas wajah kepala jamur, seperti yang ditunjukkan di bawah. Lalu, unwrap kembali dengan memilih Mesh> UV Unwrap> Unwrap,sehingga seperti gambar.
21.Lakukan hal yang sama pada batangnya. pilih Mesh> UV Unwrap, tapi kali ini pilih Silinder, karena batangnya agak silindris. Di UV Editor, Anda mungkin harus memperkecil tampilan untuk melihat secara penuh.
22.Klik a untuk select all dan pada uv map akan ada faces secara keseluruhan.
Komentar
Posting Komentar