Langsung ke konten utama

TUTORIAL MEMBUAT OBJEK JAMUR PADA BLENDER

 Halo Semua!

Pada postingan kali ini saya akan membagikan pada kalian tutorial membuat animasi pada Blender. Animasi yang akan saya buat adalah animasi sederhana dengan karakter jamur sebagai karakter utama, jamur yang saya maksud adalah jamur seperti pada game mario bros. Nah sebelum saya jelaskan cara membuat animasinya, saya akan menjelaskan hal paling mendasar dari pembuatan animasi tersebut, yaitu:

- Membuat Object

Seperti yang sudah saya bilang, object utama kami adalah karakter jamur.yang kurang lebih akan berbentuk seperti ini :


Nah langsung saja kita masuk ke pembahasan tutorial, Berikut adalah langkah – langkah dalam pembuatan objek menggunakan aplikasi Blender :

  1.Buka aplikasi blender, versi yang akan kita gunakan adalah Blender versi 2.78.




2.Setelah terbuka,akan ada object default berbentuk kubus,hapus objek tersebut dengan menekan tombol X, lalu pilih delete.




3.Buat objek baru dengan menekan tombol shift+A pilih mesh, cylinder.


4.Setelah muncul set properties pada tab kiri bawah menjadi seperti di bawah ini.


5.Kemudian tekan A untuk select semua bagian objek setelah itu pada tab kiri bawah pada bagian extrude pilih loop cut and slide.


6.Tempatkan lingkaran pada bagian atas silinder. Lingkaran ini adalah edges untuk menambah variasi bentuk.


7. Lingkaran bisa dipindahkan dengan menekan tombol G untuk translate, pilih lingkaran dengan menekan alt dan klik kanan pada lingkaran.


8.Tambahkan 2 lingkaran lagi seperti pada gambar di bawah.


9.Selanjutnya pilih bagian edges atas terluar pada silinder, dapat di select dengan menekan tombol shift dan klik pada masing masing edges. Selanjutnya tekan S untuk scale , arahkan ke tengah seperti pada gambar.


10.Lakukan pada bagian bawah hingga menjadi seperti gambar berikutnya.


11.Pilih bagian lingkaran seperti pada di gambar.


12.Translate dengan menekan tombol G dan tarik ke atas.


13.Alihkan pandangan sehingga seperti gambar di bawah, ubah view menjadi faces dan pilih faces pada objek seperti di gambar.


14.Tekan E untuk extrude dan tarik kursor ke bawah hingga seperti pada gambar di bawah.



15.Lakukan langkah langkah di atas (loop cut, select, translate,scale) dan bentuk seperti gambar di bawah.


16.Tekan A untuk select all object lalu pindahkan / transform lokasi seperti pada setiingan di tab kanan pada gambar ( x =0, y= 0 , z = 1 ).


17. Pada tab properties di kanan pilih icon material dan pada tab tersebut tekan new sehingga seperti gambar. Tarik keluar jendela baru dengan mengklik segitiga di kanan atas jendela dan seret ke kiri. Kita memerlukan dua jendela untuk operasi ini karena kita perlu melihat gambar tekstur sambil melihat objek 3D sehingga dapat melihat bagaimana objek 3D terlihat saat melukis teksturnya. Ubah jendela kiri menjadi UV / Image Editor dengan mengklik ikon kubus kecil di kiri bawah layar dan memilih UV / Image Editor, seperti pada gambar di atas.


18. Saat ini editor UV kosong, karena Anda belum membuka bingkainya. Kembali ke jendela kanan, dan tekan A untuk memilih semua. Pilih Mesh dari toolbar bawah tampilan 3D, pilih UV Unwrap> Smart UV Project, dan pilih opsi default saat popup muncul dengan mengklik OK.


19.Sekarang di UV Editor, Anda akan melihat semua wajah jamur yang dipetakan ke gambar.


20.Tekan B untuk mengaktifkan kotak-pilih dan gunakan tombol kiri mouse untuk menyeret kotak di atas wajah kepala jamur, seperti yang ditunjukkan di bawah. Lalu, unwrap kembali dengan memilih Mesh> UV Unwrap> Unwrap,sehingga seperti gambar.


21.Lakukan hal yang sama pada batangnya. pilih Mesh> UV Unwrap, tapi kali ini pilih Silinder, karena batangnya agak silindris. Di UV Editor, Anda mungkin harus memperkecil tampilan untuk melihat secara penuh.



22.Klik a untuk select all dan pada uv map akan ada faces secara keseluruhan.


23.Kembali ke jendela 3D , dan klik ikon Display di toolbar bawah. Saat ini disetel ke Solid, namun pilih Tekstur. Sekarang tampilan 3D akan menampilkan tekstur.



24.Pilih jamur Anda lagi dengan tombol mouse sebelah kanan dan tekan Tab untuk beralih ke mode Edit. Tekan A untuk memilih semua, dan kita akan melihat UV muncul di UV Editor.
Klik tombol New di bagian bawah UV Editor untuk menambahkan gambar baru di balik meshes. Beri nama gambar "jamur21", dan klik pada color swatch. Atur parameter warna ke Red = 1.0, Green = 0, Blue = 0, dan Alpha = 1, seperti gambar di bawah.



25.Sekarang jamur akan berwarna merah.


26.Ubah setting pada slots, ganti painting mode manjadi image dan pilih gambar sesuai dengan yang tadi kita save pada bagian canvas image.


27.Selanjutnya dengan brush buat titik putih agar jamur kita terlihat lebih mirip jamur.



28.Jika diinginkan kita dapat merubah setiing brush seperti pada tab kanan pada gambar, lalu lanjut membuat titik putih untuk menghias jamur.


29.Selanjutnya warnai bagian batang dengan cara mewarnai bagian mesh pada UV map editor sebelah kanan.


30.Tambahkan bagian detil seperti mata dengan cara menggambar dengan brush.



31.Jamur sudah selesai dibuat, jangan lupa save file dan export bila perlu.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLOG

 PENGERTIAN Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi seperti artikel,foto,atau videoyang selalu diperbarui secara rutin. Pengertian blog sendiri adalah “web log”, yang berarti tempat untuk menyimpan “log” informasi di website yang dilakukan oleh blogger.   LANGKAH LANGKAH MEMBUAT BLOG Login ke blogger Di sebelah kiri,klik Panah bawah  Klik  Blog baru Masukkan nama blog. Klik Berikutnya. Pilih URL atau alamat blog. Klik Simpan. CARA MEMBUAT LABEL PADA POSTINGAN BLOG Langkah ke – 1 Membuka halaman dashboard atau admin blogspot anda di https://blogger.com/, silahkan masuk dengan akun google. Langkah ke – 2 Buat Postingan baru dengan cara pilih menu “ post ” kemudian “ new post ” ketika menggunakan pengaturan bahasa inggris pada blogspot.  Setelah terbuka halaman tambah postingan, lihat lah bagian kanan postingan terdapat tulisan “ label “. Langkah ke –3 Selanjutnya menuju ke halaman layout untuk menampilkan ...

CARA MEMBUAT KARTU UNDANGAN

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT KARTU UNDANGAN DENGAN APLIKASI CANVA Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh... Haii!! Apa kalian sudah tahu bagaimana membuat kartu undangan? Kalau belum tau disini saya akan membantu kalian semua untuk membuat kartu undangan Berikut langkah-langkahnya 1.Pertama  buka playstore, kemudian install aplikasi canva. 2.Buka aplikasi canva, kemudian masuk jika sudah memiliki akun jika belum kamu harus mendaftar terlebih dahulu mengunakan akun google atau Facebook. 3.Carikan template, kemudian mengetik (kartu undangan)di kolom pencarian nya. 4.Lalu kamu tinggal pilih template yang kamu inginkan. 5.Kemudian kamu bisa edit sesuka hatimu. 6.Jika sudah selesai kamu bisa menyimpan hasil yang telah kamu buat.   7.Dan ini contoh hasil kartu undangan saya.  Sekian terimakasih dari saya semoga bermanfaat~

ANIMASI 3D

 PENGERTIAN Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat   frame   yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan   output -nya berupa video yang sudah di- rendering   atau   Realtime , jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24   frame   per detik.  Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari  game   dan   virtual reality , tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film. KONSEP OBJEK 3D Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek 3D mempunyai bentuk, volume, dan ruang. Sehingga objek ini memiliki koordinat X, Y, dan Z. Jika pada animasi 2D, objek hanya dapat digerakkan ke dua arah, yaitu ke kanan – kiri (X) dan atas – bawah (Y), maka berb...